You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Ciparay

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
Selamat Datang Di Website Desa Ciparay Kecamatan Cipaeay Kabupaten Bandung ||

SOSIALISASI IVA TEST DAN STUNTING OLEH KETUA POS KB KEPADA KETUA POKJA DI DESA CIPARAY


SOSIALISASI IVA TEST DAN STUNTING OLEH KETUA POS KB KEPADA KETUA POKJA DI DESA CIPARAY

Ciparay, 23 September 2019

Pada hari Senin Tanggal 23 September 2019 Para Ketua POKJA Desa Ciparay Mengadakan pertemuan membahas tentang Pentingnya IVA Test dan Stunting yang di hadiri oleh Ketua Pos KB Desa Ciparay, Sekretaris PKK, Bendahara PKK, Ketua Pokja I, Ketua Pokja II, Ketua Pokja III dan Ketua Pokja IV.

Kanker serviks atau kanker leher rahim menempati urutan kedua dalam deretan kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia. Deteksi dini kanker serviks lewat pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat diperoleh.

Pemeriksaan IVA dilakukan dengan meneteskan asam asetat (asam cuka) pada permukaan mulut rahim. Teknik ini dinilai terjangkau, mudah, hanya memerlukan alat sederhana, dan hasilnya bisa langsung didapatkan.

Sedangkan  Stunting adalah permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama.

Penyebab Stunting :

Stunting berkembang dalam jangka panjang karena kombinasi dari beberapa atau semua faktor-faktor berikut:

  1. Kurang gizi kronis dalam waktu lama
  2. Retardasi pertumbuhan intrauterine
  3. Tidak cukup protein dalam proporsi total asupan kalori
  4. Perubahan hormon yang dipicu oleh stres
  5. Sering menderita infeksi di awal kehidupan seorang anak

Perkembangan stunting adalah proses yang lambat, kumulatif dan tidak berarti bahwa asupan makanan saat ini tidak memadai.

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar