You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Ciparay

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
Selamat Datang Di Website Desa Ciparay Kecamatan Cipaeay Kabupaten Bandung ||

PROGRAM PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PEMERIKSAAN IVA TEST DAN SADANIS DESA CIPARAY


PROGRAM PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PEMERIKSAAN IVA TEST DAN SADANIS DESA CIPARAY

Ciparay, 09 Oktober 2019 

Pada Hari Selasa tanggal 08 Oktober 2019 Desa Ciparay mengadakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat Melalui IVA TEST dan SADANIS yang di ikuti oleh 100 orang. 

IVA TEST merupakan Pemeriksaan mulut rahim yang bertujuan untuk Langkah pertama dalam mendiagnosa seorang wanita apakah menderita kanker serviks, pasalnya tidak dibutuhkan waktu dan pengamatan laboratorium lagi untuk tahu hasilnya. Selain itu, kelebihan tes IVA lainnya adalah pemeriksaan ini aman dilakukan kapan pun. Meskipun terdengar menyeramkan, sebenarnya pemeriksaan ini tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Ketika jaringan leher rahim memiliki sel kanker, maka biasanya jaringan akan terlihat luka, berubah menjadi putih, atau bahkan mengeluarkan darah ketika diberikan asam asetat. Sementara, jaringan leher rahim yang normal, tidak akan menunjukkan perubahan apapun.

Kanker payudara juga masuk dalam daftar 10 penyebab kematian terbanyak perempuan di Indonesia. Kita bisa mencegah munculnya penyakit ini dengan melakukan serangkaian pemeriksaan rutin seperti Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). SADARI dapat dilakukan pada rentang hari ke 7 – 10 setelah hari pertama menstruasi dimana payudara sedang dalam kondisi paling lunak. Langkah awal melakukan SADARI adalah dengan mengamati kondisi payudara, lalu mengangkat tangan sebelah kanan dan raba payudara dengan tangan kiri dari arah pinggir, memutar ke arah putting susu lalu tekan dengan perlahan. Apabila terdapat cairan berwarna merah darah maka bisa saja merupakan indikasi adanya sel kanker. Lakukan gerakan yang sama dalam keadaan berbaring untuk meraba kemungkinan adanya benjolan. Memang, tidak semua benjolan berarti kanker. Namun, apabila menemukan benjolan yang tidak terasa sakit dan muncul selama 2 kali siklus menstruasi, lebih baik datang ke dokter spesialis onkologi untuk dilakukan SADANIS guna menegakkan jenis benjolan yang ada.

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar